081372622124
hauriyah.halum@gmail.com

HAURIYAH HALUM MENGINSPIRASI FESTIVAL MAKAN BAJAMBA

Bagikan ke teman !

[metaslider id=189]

MAKAN BAJAMBA merupakan tradisi turun-temurun masyarakat Minangkabau yang telah ada sejak lama, tradisi yang telah ada sejak abad ke 7 ini masih dilestarikan sampai sekarang dimana diadakan dalam upacara adat dan keagamaan. Meski adat makan bajamba setiap daerah di Sumatera Barat berbeda-beda, namun pada umumnya diawali dengan pergelaran seni, pembacaan doa serta balas-balasan pantun. Jamba sendiri adalah makanan yang diletakkan di dalam sebuah nampan besar yang disebut dengan “talam”, di dalam talam terdapat piring-piring kecil yang berisi lauk pauk atau samba khas Sumatera Barat, dan nasi, buah-buahan serta kue-kue tradisional diletakkan di talam yang terpisah dengan samba. Biasanya untuk satu talam dihidangkan untuk 5 orang.

FESTIVAL makan bajamba yang diadakan di kelurahan Gunung Panggilun pada tanggal 18 Desember kemaren merupakan kegiatan dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, sekaligus acara akhir tahun di Kelurahan Gunung Panggilun, Padang. Acara ini sendiri dibuat karena Lurah Gunung Panggilun terinspirasi dari Agenda Tahunan Paud Terpadu Hauriyah Halum yaitu “Cultural Day” makan bajamba yang diselenggarakan pada tahun 2015 lalu sukses mendulang perhatian masyarakat Sekitar.

Alhamdulillah, sebagai panutan PAUD Terpadu Hauriyah Halum berhasil mendapatkan posisi pertama untuk kategori Lembaga PAUD. Peserta kelompok sendiri lebih 20 kelompok yang terdiri dari Lembaga PAUD, Majelis Taklim, Bundo Kanduang Kelurahan serta TP-PKK Kelurahan Gunung Panggilun.

Untuk agenda “Cultural Day” tahun ini PAUD Terpadu Hauriyah Halum Insya Allah akan mengadakan lomba membuat rendang ikan dan nungget ikan bersama TK Binaan Pelangi Nusa dan Ibu-ibu WIC (Women International Club) Sumbar pada tanggal 23 Desember mendatang.

 

 

Bagikan ke teman !

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *